Welcome to Souq commerce Store !
Beberapa Tips untuk Menyusun Tujuanmu untuk Masa Depanmu

Beberapa Tips untuk Menyusun Tujuanmu untuk Masa Depanmu

(0 customer review)

Setiap orang pasti mempunyai tujuan dalam hidupnya, dan masing-masing orang mempunyai tujuan yang berbeda yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Tujuan, keinginan, harapan, target, adalah kumpulan kata yang mempunyai arti hampir sama yaitu sesuatu hal yang ingin kita dapatkan. Bagaimana dengan kalian ? apa tujuan kalian yang ingin di capai ? apa harapan kalian ? apa target kalian saat ini ? Pasti kita semua mempunyai jawaban masing-masing. Sudahkah apa yang kalian inginkan sudah tercapai ?


Waktu selalu silih berganti, dan alangkah bahagianya setiap apa yang kita inginkan selalu terwujud di setiap waktunya, namun saya rasa hidup tidak selalu mulus seperti itu. yang jelas kita sebagai manusia harus mempunyai rencana untuk masa depan kita untuk di persiapkan.

ngomong-ngomong tentang rencana, berikut beberapa tips untuk kalian yang ingin membangun rencana atau target untuk di jadikan sebagai motivasi agar lebih mempunyai semangat untuk mencapai target yang di inginkan.


1. Pilih dan klasifikasikan apa target yang ingin dicapai.


Tidak perlu membangun rencana/target yang terlalu banyak dan besar. Pikirkan target apa yang ingin kalian capai dan sekiranya kalian mampu untuk mencapainya. Yang jelas target itu akan bermanfaat dan berguna untuk masa depan dan kehidupan kita sendiri tentunya dengan target yang bersifat positif.

Misalnya kalian seorang mahasiswa, dan buat target untuk semester depan akan menaikan nilai IP sebesar 0,8 dari nilai IP sekarang. Atau misal kalian seorang enterpreneur/pengusaha entah besar atau kecil, mempunyai target untuk bulan depan akan mencapai omset penghasilan sekian rupiah dan masih banyak contoh yang lain.

2. Tentukan jangka waktu dari tujuan tersusun


Jika kita memiliki sebuah tujuan, target atau keinginan yang ingin dicapai, tentukanlah jangka waktu untuk mencapai target/tujuan yang sudah di susun. Tujuannya agar kita lebih termotivasi untuk segera mewujudkan tujuan yang sudah direncanakan sebelum jatuh jangka waktu yang sudah di tentukan. Kita bisa membuat rencana/target selanjutnya setelah target yang sebelumnya sudah tercapai, sehingga tiap kurun waktu akan ada peningkatan dalam hidup kita.

Misalnya kalian mempunyai target untuk tahun ini ingin menurunkan berat badan dari yang sekarang 85Kg menjadi 60Kg. Jadi dalam kurun waktu setahun kalian harus melakukan rutinitas yang dapat menurunkan badan sebanyak 25Kg, misal dengan rutin olahraga, makan makanan yang rendah karbo dan kalori.

3. Tuliskan dan buat tabel di dinding kamar


Tuliskan apa target kalian apa tujuan kalian di sebuah bidang tulis, kemudian tempelkan di dinding atau di wall board kamar. Sejenak setelah bangun tidur atau sebelum tidur, lihat daftar target kalian yang sudah di tulis di wall board untuk mengingat dan memotivasi diri setiap harinya untuk segera melakukan langkah-langkah untuk mewujudkan tujuan yang ingin kalian capai.

4. Kaji ulang dan koreksi rencana sebelumnya.


Terkadang rencana atau tujuan yang kita susun tidak selalu sesuai dengan ekspektasi atau bahkan tidak terwujud sama sekali. Banyak faktor yang membuat itu terjadi, terutama faktor dalam diri kita sendiri. Kajilah ulang serta koreksi diri kenapa rencana sebelumnya tidak sesuai yang kita harapkan atau bahkan tidak terwujud sama sekali. Mungkin karena kita banyak melakukan kesalahan, kurang giat melakukan sesuatu, kurang termotivasi diri dan banyak hal lainnya. Jika sudah koreksi diri, perbaiki dan tingkatkan lagi untuk ke depannya.

5. Diskusikan rencanamu


Untuk mewujudkan tujuan kita atau melakukan suatu hal, tidak mungkin kita bisa melakukannya sendirian. Semua itu tak lepas dari sifat manusia yang bukan makhluk individu, manusia selalu bergantung terhadap segala hal. Diskusikan rencana yang sudah tersusun dengan orang-orang terdekat kita, orang kepercayaan kita, dan orang yang mungkin bisa membantu atau mendukung untuk mewujudkan rencana kita. Maka dari situ kita bisa menemukan banyak jalan untuk mewujudkan target yang ingin dicapai.

6. Cari referensi pendukung


Tidak hanya penelitian ilmiah yang butuh referensi, rencana yang disusun juga butuh referensi untuk mendukung melakukan langkah-langkah dalam menentukan rencana. referensi tersebut bisa didapat melalui buku, pendapat orang-orang sekitar dan banyak lagi. Jadi jangan selalu mengacu pada pemikiran diri kita sendiri.

7. Buat dan ajukan proposal langit


Kata proposal langit saya dapat dari sebuah buku hasil karya dari "Purnomo Sony". Proposal langit yang dimaksud bukanlah proposal dengan bentuk tulisan yang biasa dijumpai di perusahaan. Proposal langit yang dimaksud yaitu adalah Doa. Setiap manusia yang beragama pasti mempunyai Tuhannya masing-masing sesuai dengan agama yang di peluk. Seperti contoh sebagai orang islam, rajin-rajinlah memohon dan meminta kepada Allah SWT. Karena proposal langit atau Doa ini salah satu kunci terpenting dalam terwujudnya tujuan yang kita rencanakan. Kita sebagai manusia hanya bisa berdoa dan berusaha melakukan sesuatu, untuk hasilnya selalu serahkan semuanya kepadaNya.

Oke, sekarang kalian sudah punya bekal dalam menyusun beberapa rencana hidup kalian. Praktekanlah dan susun rencana apa yang sudah ada di dalam pikiran kalian untuk masa depan. Dan segera lakukan langkah-langkah untuk mewujudkan tujuan kalian. Jika masih ada tujuan kalian yang belum tercapai, jangan berkecil hati. Selalu koreksi diri dan berusaha lebih keras lagi, yakin suatu saat pasti akan tercapai entah sesuai yang kita harapkan atau tidak.

Mungkin itu saja beberapa tips dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Clothing & Apparel:

Jewelry & Watches:

Health & Beauty: