Welcome to Souq commerce Store !
Kenali Tipe Tubuh Kalian Sebeum Memulai Membentuk Badan Atletis

Kenali Tipe Tubuh Kalian Sebeum Memulai Membentuk Badan Atletis

(0 customer review)
     Pernahkah kalian mengalami kesusahan saat ingin menambah berat badan, atau susah menurunkan berat badan atau mungkin kalian pernah melihat orang lain mengalami masalah seperti itu. Salah satu dari kalian pasti pernah mengalami atau mungkin pernah melihat orang seperti itu.

Sudah makan banyak setiap hari sampai tempat makannya dimakan juga namun berat badan tetap susah untuk bertambah. Sudah berkali-kali melakukan macam-macam puasa, puasa sunah, puasa wajib bahkan puasa gaib sekalian cari ilmu (ilmu biar lulus ujian sekolah) namun berat badan susah turunnya "ceritanya lagi diet". Olahraga angkat beban sampai puluhan ton atau olahraga joging sampai lari maraton dikejar anjing namun badan susah ideal atletis. Mungkin beberapa ulasan artikel ini akan sedikit membantu kalian untuk memecahkan masalah tersebut.

Kali ini saya akan menjelaskan beberapa tipe bentuk tubuh manusia. Ulasan ini juga bisa sebagai dasar bagi kalian yang ingin memulai program latihan bulking (menambah berat badan, spesifiknya menambah massa otot), Diet (menurunkan berat badan) ataupun Body building (membentuk badan atletis)



Secara genetik tubuh manusia normal terbagi menjadi tiga macam bentuk tubuh dasar, yaitu biasa disebut dengan ectomorph, mesomorph, dan endomorph. Ini adalah bentuk dasar dari genetik manusia, genetik bisa didapatkan karena faktor keturunan ataupun bawaan dari sejak lahir. Secara lebih rinci berikut saya jelaskan tentang tipe bentuk tubuh.

1. Ectomorph

Pengertian:
Ectomorph adalah tipe bentuk tubuh yang kurus dan agak sulit untuk membangun massa otot pada tubuh semacam ini. Pertumbuhan berat badan dan massa otot membutuhkan waktu lama, kesabaran, dan sulit untuk mempertahankannya.


Ciri-ciri:

Ciri tipe bentuk tubuh ini ada banyak diantaranya adalah tubuh ectomorph cenderung memiliki badan yang kurus dan tinggi. Metabolisme tubuh cepat sehingga memudahkan tubuh dalam pembakaran kandungan lemak. Bahu serta pinggul yang ramping. Tubuh ectomorph selalu kesulitan dalam hal menambah berat badan dan masa otot. Tubuh ectomorph ini juga hanya sedikit dalam penyimpanan lemak di tubuhnya.

Namun bukan berarti tubuh ectomorph tidak bisa dibentuk menjadi tubuh yang atletis. Ectomorph tetap bisa di bentuk atletis dengan cara menambah massa. Olahraga rutin dengan interval sedikit namun dengan beban maksimal sesuai dengan kekuatan tubuh. Nutrisi makanan yang banyak mengandung kalori, karbohidrat, dam protein yang banyak. istirahat yang cukup secara normalnya 7-8 sehari.

Jika badan sudah terlihat atletis, tubuh ectomorph ini akan susah untuk dipertahankan. Karena tubuh ini mempunyai kinerja yang cepat dalam metabolisme sehingga dapat cepat pula dalam hal pembakaran lemak. Jadi harus pertahankan konsistensi latihannya serta asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh, jika perlu selalu tingkatkan.

2. Mesomorph

Pengertian:
Beruntung bagi kalian yang memiliki badan mesomorph, tipe bentuk mesomorph adalah tipe bentuk tubuh yang ideal dan proporsional. Terlihat tidak terlalu tinggi tidak terlalu pendek, Tidak kurus dan tidak gemuk namun berisi secara ideal. Bentuk tubuh ini sangat mudah sekali untuk dibentuk atletis, bahkan tanpa melakukan latihan khusus, bentuk tubuh ini sudah terbentuk definisi jaringan otot yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari saja.


Ciri-ciri:
Dasar bentuk tubuh mesomorph sangat ideal. Bahu yang lebar dan pinggang yang ramping. Proses metabolisme tubuh mesomorph ini sangat efisien, jadi antara penyerapan nutrisi dan pembakaran lemak terjadi secara seimbang. Rangsangan otot terhadap stimulus dapat merespon dengan cepat.

Tubuh mesomorph ini akan mudah sekali jika dibentuk atletis, apalagi jika dengan program latihan khusus. Seimbangkan olahraga beban dan olahraga kardio maka bentuk atletis yang di dapat akan sangat indah.

Tetap rutin serta tetap menjaga konsistensi dalam latihan beban, maka bentuk tubuh atletis tipe mesomorph ini akan terjaga dengan baik.

3. Endomorph

Pengertian:
Tipe tubuh endomorph adalah bentuk tubuh yang cenderung memilih bentuk tubuh yang tidak terlalu tinggi dan mempunyai badan yang lebar/terlihat bulat. Karena tipe tubuh endomorph ini memiliki penyimpanan lemak yang besar sehingga dapat dengan mudahnya pemilik tubuh endomorph ini dalam penyerapan kandungan lemak.


Ciri-ciri:
Ciri yang terdapat pada tubuh endomorph ini salah satunya adalah memiliki struktur tulang yang tebal. Bahu serta pinggang memiliki ukuran lebar yang hampir sama, bahkan pinggang bisa lebih besar dari bahu. Bentuk terlihat bulat. Sistem metabolisme tubuh sangat lambat, karena itu pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh endomorph ini juga terjadi sangat lambat makannya lemak yang tidak ikut terbakar akan tertimbun di dalam tubuh.

Sama seperti ectomorph, endomorph juga dapat dibentuk menjadi atletis. Namun mungkin akan sedikit berbeda, karena otot yang terbentuk pada tubuh endomorph masih sedikit tertutup dengan lemak. Jadi bentuk yang dihasilkan akan terlihat atletis namun tetap dengan struktur yang besar atau bisa dinamakan dengan otot basah.

Pemilik tubuh endomorph ini harus sangat hati-hati dalam memasukan asupan makanan ke dalam tubuh. Harus selalu memperhatikan jenis kandungan nutrisi jika ingin mempertahankan bentuk idealnya. Kurangi makanan yang berkalori dan karbohidrat tinggi, dan tetap perbanyak protein.



Bagaimana sobat sekalian, dari apa yang sudah di uraikan tentu sekarang kalian sudah bisa mengenali tipe bentuk tubuh kalian masing-masing kan. Jika ingin membentuk tubuh atletis, tunggu apa lagi ? Segera tentukan dan lakukan jenis latihan apa yang sesuai dengan tipe bentuk tubuh kalian. Nutrisi apa yang perlu masuk dalam tubuh kalian. Semuanya tetap jaga waktu istirahat yaa...

Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua.

Clothing & Apparel:

Jewelry & Watches:

Health & Beauty: